Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
loading...

Cara Install QGIS (Quantum Geographic Information System)

Cara Install  QGIS (Quantum Geographic Information System)

A. Pengertian QGIS
QGIS adalah perangkat Sistem Informasi Geografis (SIG) Open Source yang user friendly dengan lisensi di bawah GNU General Public License. QGIS merupakan proyek tidak resmi dari Open Source Geospatial Foundation (OSGeo). QGIS dapat dijalankan pada Linux, Unix, Mac OSX, Windows dan Android, serta mendukung banyak format dan fungsionalitas data vektor, raster, dan basisdata.( Source: QGIS )

QGIS (sebelumnya dikenal sebagai Quantum GIS) adalah aplikasi sistem informasi geografis (GIS) desktop sumber terbuka dan bebas lintas platform yang menyediakan tampilan, penyuntingan, dan analisis data.( Source: Wikipedia )

QGIS juga memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan paket aplikasi komersil terkait. QGIS menyediakan semua fungsionalitas dan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh pengguna GISs pada umumnya. Menggunakan plugins dan fitur inti (core features) dimungkinkan untuk menvisualisasi (meragakan) pemetaan (maps) untuk kemudian diedit dan dicetak sebagai sebuah peta yang lengkap. Penguna dapat menggabungkan data yang dimiliki untuk dianalisa, diedit dan dikelola sesuai dengan apa yang diinginkan.

Konversi ke format internal khusus tidak diperlukan untuk melihat (viewing) maupun menggabungan (overlaying) data yang berasal dari format-format lain yang berbeda. Quantum GIS mendukung banyak tipe format termasuk yang banyak digunakan dan didukung oleh pustaka OGR library, digital elevation models, landsat imagery dan aerial photography.

Antarmuka yang ramah pengguna membantu pengguna dalam pembuatan peta, menjelajahi data spatial secara interaktif memanfaatkan beraneka tools seperti overview panel, spatial bookmarks, vector diagram overlay and layering. Pengguna dapat membubuhkan label hak cipta di peta hasil buatannya sebagai proteksi, menambahkan balok skala (scale bar) termasuk directional arrow guna meningkatkan kemudahan menyimak peta tersebut.

Quantum GIS mendukung penggunaan "GPS tools" untuk menggunggah (upload) atau mengunduh (download) data langsung ke unit GPS. Pengguna juga dapat mengkonversi format-format GPS ke format GPX atau melakukan import dan export terhadap data format GPX yang ada.

Andaikan pengguna memiliki sebuah web server yang telah terpasang fitur UMN MapServer, pengguna dapat menpublikasi map di internet untuk berbagi (sharing) dengan pengguna lainnya.

Quantum GIS didukung oleh komunitas online di OSGeo yang menyediakan disamping kode sumbernya (source code) juga fasilitas pemantau kutu (bug tracker). Seperti sebuah proyek open source pada umumnya, tersedia dukungan bagi pengguna atau pengembang langsung via wiki, berkomunikasi di forum situs OSGeo termasuk melalui blog yang tersedia.

Distro aplikasi GIS umumnya telah menyertakan QGIS, namun untuk versi terkini aplikasi QGIS (v. 1.5 rilis 2010-07-29) pengguna dapat mengunduh langsung dari situs QGIS.

QGIS adalah AOSA (Aplikasi Open Source Alternatif) yang layak digunakan sebagai padanan atau pengganti program aplikasi seperti ArcGIS yaitu sebuah aplikasi GIS untuk desktop Windows berikut software ArcEditor, ArcGIS help system dan Esri Data and Maps. ( source : gudanglinux )

B. Fungsi QGIS
Mirip dengan sistem perangkat lunak GIS lainnya, QGIS memungkinkan pengguna untuk membuat peta dengan banyak lapisan menggunakan berbagai proyeksi peta. Peta dapat dihimpun dalam format yang berbeda dan untuk kegunaan yang berbeda.QGIS memungkinkan peta yang akan terdiri dari lapisan raster atau vektor. Tipikal untuk jenis perangkat lunak, data vektor disimpan baik sebagai titik, garis, atau ciri-poligon. Berbagai jenis citra raster yang didukung, dan perangkat lunak ini dapat menampilkan citra georeferensi.

SIG sebagai sistem komputer yang digunakan untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk akusisi dan verifikasi data, kompilasi data, penyimpanan data, perubahan dan pembaharuan data, manajemen dan pertukaran data, manipulasi data, pemanggilan dan presentasi data serta analisa data (Bernhardsen,2002)

Ok itu dia tadi pengertian GIS, sekarang kita lanjutkan ke tutorial penginstalan:

Baca Juga:

Silahkan Download QGIS Disini

1. Double klik instalan QGIS, maka akan tampil jendela setup seperti dibawah. Silahkan klik Next.

Cara Install  QGIS (Quantum Geographic Information System)

2. Pada license Agreement kita klik "I Agree".

Cara Install  QGIS (Quantum Geographic Information System)

3. Atur lokasi penyimpanan dimana file instalan akan di simpan. Disini saya memilih defaultnya di C. lalu klik Next.

Cara Install  QGIS (Quantum Geographic Information System)

4. Sekarang silahkan pilih komponen yang ingin di install. kita pilih saja defaultnya QGIS. lalu klik Install.

Cara Install  QGIS (Quantum Geographic Information System)

5. Maka proses instalasi akan berlangsung, silahkan tunggu beberapa menit karena cukup memakan waktu tergantung laptop masing-masing ^^.

Cara Install  QGIS (Quantum Geographic Information System)

6. Jika sudah selesai klik Finish. Maka instalasi pun selesai.

Nah Bagaimana…? apakah sekarang kamu sudah mengerti Cara Install  QGIS (Quantum Geographic Information System)? Mungkin itu saja tulisan yang membahas tentang Cara Install  QGIS (Quantum Geographic Information System), jika terdapat kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan dan perbaiki atau lengkapi saja jika terdapat kesalahan. Kalau memang tulisan ini bermanfaat tidak ada salahnya jika men-Sharenya kepada teman kamu yang lain, sekian dan terimakasih. Cara Membuat Garis Koordinat Lintang dan Bujur Menggunakan QGIS

--Salam Bacacoding--

Post a Comment for "Cara Install QGIS (Quantum Geographic Information System)"

loading...
loading...
loading...