Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
loading...

CSS Reset

CSS Reset

A. Pengertian CSS
CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. Berisi rangkaian instruksi yang menentukan bagiamana suatu text akan tertampil di halaman web. Perancangan desain text dapat dilakukan dengan mendefinisikan fonts (huruf) , colors (warna), margins (ukuran), latar belakang (background), ukuran font (font sizes) dan lain-lain. Elemen-elemen seperti colors (warna) , fonts (huruf), sizes (ukuran) dan spacing (jarak) disebut juga “styles”.  Cascading Style Sheets juga bisa berarti meletakkan styles yang berbeda pada layers (lapisan) yang berbeda. CSS terdiri dari style sheet yang memberitahukan browser bagaimana suatu dokumen akan disajikan.  Fitur-fitur baru pada halaman web lama dapat ditambahkan dengan bantuan style sheet.  Saat menggunakan CSS, Anda tidak perlu menulis font, color atau size pada setiap paragraf, atau pada setiap dokumen. Setelah Anda membuat sebuah style sheet, Anda dapat menyimpan kode tersebut sekali saja dan dapat kembali menggunakannya bila diperlukan.

Baca Juga : Pengenalan CSS ( Cascending Style Sheet )

Fungsi CSS
fungsi utama css adalah merancang, merubah, mendisain, membentuk halaman wesite(blog juga website). dan isi dari halaman website adalah tag-tag html, logikanya css itu dapat merubah tag-tag html(yang sederhana) sehingga menjadi lebih fungsional dan menarik.

Cara Kerja CSS
cara kerja css itu sangatlah mudah, kita hanya perlu menulis stylenya(selector id dan class tersesuaikan) maka secara otomatis akan bekerja pada document html.

B. CSS Reset
Pernahkah anda bertanya darimana warna link dari tag <a> berasal, atau mengapa tag <b> bisa menebalkan teks, atau kenapa tag <h1> sampai tag <h6> memiliki ukuran font yang berbeda-beda dan ketebalan yang berbeda? Padahal kita sama sekali belum menambahkan CSS pada markup yang kita buat?
Setiap browser memiliki Style atau File CSS yang akan diterapkan pada setiap halaman web yang dibuka. Keberadaan style yang dimiliki browser ini sangat membantu namun terkadang juga membingungkan bagi sebagian orang.

Tersedia di Bacacoding:
CSS Reset berfungsi untuk mereset atau mengatur ulang seluruh property-property yang telah disetting oleh browser, seperti margin, padding, warna huruf (link) ukuran huruf heading dan lain sebagainya. Perhatikan CSS contoh berikut : 
* {
margin:0;
padding:0;
}
Selector bintang (*) digunakan untuk memberikan style pada Seluruh elemen/Tag HTML. Dalam kasus ini, kita akan mengatur ulang margin dan padding menjadi 0 pada seluruh elemen HTML yang ada.

Nah Bagaimana…? apakah sekarang kamu sudah mengerti apa itu yang dimaksud dengan CSS Reset? Mungkin itu saja tulisan yang membahas tentang CSS Reset, jika terdapat kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan dan perbaiki atau lengkapi saja jika terdapat kesalahan. Kalau memang tulisan ini bermanfaat tidak ada salahnya jika men-Sharenya kepada teman kamu yang lain, sekian dan terimakasih.

1 comment for "CSS Reset"

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

loading...
loading...
loading...